Al-Quran, Tentang Lebah Makan Buah


Bismillahirrohmanirrohim,

Allah berfirman:

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (٦٨)
ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 68-69)

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan…” 

Lebah makan buah? Semua orang juga tahu bahwa yang dimakan oleh lebah itu nektar atau sari bunga, bukannya buah! Jadi, yang bener yang mana neh, Al-Qur’an atau guru Biologi?

“Pertanyaan” ini sering diajukan oleh non-muslim, sebenarnya bukan pertanyaan ingin tahu, atau ungkapan keheranan mereka dalam memahami ayat tersebut, akan tetapi lebih banjyak karena ingin mengolok-olok Al-Qur`an. Rasa heran betulan bisa saja menghinggapi siapa saja, bahkan juga seorang Muslim. Karena ketidak fahaman terhadap bahasa Al-Qur`an, tidak mustahil kemudian memicu sebuah anggapan bahwa Al-Qur`an aneh, bahasanya rancu, tidak masuk akal, dan lain sebagainya

Keheranan tersebut tidak akan muncul seandainya mereka memahami Bahasa Arab dan sastranya, yaitu bahasa Al-Qur`an diturunkan oleh Allah. Bahkan akan berganti dengan kekaguman akan keindahan susunan bahasanya.

Tapi penjelasan dari sisi sastra ini akan dianggap membosankan, karena tokh pada dasarnya mereka cuma ingin pembuktian bahwa Al-Quran memang memberikan informasi yang benar, bukan "ngawur" dan dianggap melawan keterangan dari para guru Biologi?

Karena itu, maka jawaban yang dipilih pun  cukup yang pendek dan bisa dilihat secara kasat mata saja, misalnya seperti terlihat dalam gambar di atas, atau pada cuplikan video di bawah ini.

Tanpa perlu penjelasan panjang lebar sekalipun, terbukti secara almiah bahwa  selain "makan" nektar, nyatanya lebah juga doyan makan buah!

Semoga bermanfaat!



[Sumber: Al-Quran Menjawab Fitnah ]

Posting Komentar

0 Komentar