Bidadari Menurut Al-Quran & Hadits


Allah subhanahu wa ta’ala akan menikahkan orang-orang mu’min di surga dengan wanita-wanita cantik yang bukan istri-istri mereka di dunia sebagai mana firman-Nya: “Demikianlah, dan kami nikahkan mereka dengan bidadari” (Q.S. Ad-Dukhan:54).

Al-Qur’an melukiskan bidadari sebagai perumpamaan berbadan indah: “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah-buah angur, dan gadis-gadis berbadan indah sebaya” (Q.S. An-Naba’: 31 – 33).

Bidadari dalah makhluq yang khusus diciptakan Allah subhanahu wa ta’ala untuk para penduduk surga dan mereka adalah gadis-gadis perawan: "Sesungguhnya kami menciptakan merka (bidadari-bidadari) secara khusus, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya” (Q.S. Al-Waqi’ah 35 - 37).

Fakta bahwa mereka perawan berarti bahwa mereka belum pernah dinikahi: ”…yang tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.” (Q.S. Ar-Rahman:56).

Ayat di atas membantah pendapat bahwa istri-istri yang akan diciptakan Allah subhanahu wa ta’ala untuk penduduk surga adalah istri-istri mereka dalam kehidupan di dunia ini, yang diciptakan muda lagi untuk suami-suami mereka. Allah subhanahu wa ta’ala memang akan memasukkan wanita-wanita beriman ke dalam surga dengan memudakan merka kembali, tetapi mereka bukanlah bidadari khusus yang diciptakan Allah untuk penghuni surga.

Al-Qur’an juga menceritakan tentang kecantikan wanita-wanita di surga: ”Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari bermata jeli, laksana mutiara yang tersimpan.” (Q.S. Al-Waqi’ah: 22 - 23). Maknun (tersimpan baik) mengandung arti tersembunyi atau terlindungi, sehingga warnanya tidak berubah karena sinar matahari atau sengaja diubah. Di ayat lainnya Al-Qur’an menyamakan mereka dengan permata yaqut (ruby, batu merah delima) dan marjan: “Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukan pandangannya tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Mereka (bidadari) bagai yaqut dan marjan.” (Q.S Ar-Rahman: 56 – 58).

Batu yaqut (ruby, batu merah delima) dan batu marjan adalah dua jenis permata yang tingi nilainya. Bidadari dalam ayat berikut digambarkan sebagai bidadari yang dipingit. Ini artinya mereka sangat membatasi penglihatan merka agar tidak melihat kepada lelaki selain para suami merka. Allah subhanuahu wa ta’ala juga menyatakan bahwa bidadari sangat cantik: ”Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Bidari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah.” (Q.S. Ar-Rahman 70 - 72).

Wanita-wanita di surga tidak sama dengan wanita-wanita di dunia ini. Wanita-wanita surga bebas dari hal-hal seperti haid, nifas, buang air kecil dan besar, meludah dan sebagainya. Inilah yang dimaksud dengan ayat, “Dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci (bebas dari haid, nifas dan sebagainya), dan merka kekal di dalamnya.” (Q.S. Al-Baqarah:25).

Raulullah shallahu ‘alaihi wassalam menceritakan kepada kita tentang kecantikan para istri-istri penduduk surga. Imam Bukhary dan Muslim menceritakan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda; “Kelompok pertama yang akan masuk surga indah bagai bulan purnama, merka tidak akan meludah, membuang ingus, atau buang air. Bejana-bejana merka terbuat dari emas, sisir mereka terbuat dari emas dan perak, dan bakan dupa mereka dari kayu gaharu. Keringat mereka adalah kesturi."

Masing-masing mereka mempunyai dua orang istri yang tulang sumsumnya terlihat melalui kulit karena saking cantiknya (Fath al Bari, VI, hlm. 318). Betapa cantiknya mereka digambarkan Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam sebagai, “Jika seorang wanita surga memandang ke dunia ini, ia akan memberikan cahaya dan bau wanginya kepada segala sesuatu yang terletak di antara keduanya (surga dan dunia). Kerudung yang menutupi kepalanya lebih baik dunia ini dan segala isinya” (Fath al Bari, VI, hlm. 15).

Jumlah istri minimal seorang lelaki surga adalah 72 orang. Menurut sebuah riwayat seorang syuhada akan mempunyai 72 bidadari surga sebagai istri. Tirmizi dan Ibn Majah meriwayatkan sebauah isnad yang shahih dari Al-Miqdam ibn Ma’dikarib radhiallahu ‘anhu bahwa rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Seorang syuhada akan memperoleh tujuh kehormatan dari Allah subhanahu wa ta’ala: ia akan dimaafkan sejak tetesan pertama darahnya; kepadanya akan diperlihatkan tempatnya di surga; ia akan dilindungi dari adzab kubur; ia akan dibebaskan dari adzab hari kiamat; di atas kepalanya akan ditaruh mahkota keagungan dengan batu mulia yang lebih baik daripada dunia dan segala isisnya; ia akan dinikahkan dengan 72 bidadari surga; dan ia akan diizinkan untuk memeberikan pertolongan (syafaat) kepada 72 orang kerabatnya." (Misykat al-Masabih, III, hlm. 357, no.3834).

Nyanyian Bidadari Surga
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam mengatakan bahwa bidadari memiliki suara yang sangat merdu dan suka menyanyi di surga. Dalam Al-Mu’jam al-Awsath, Ath-Thabarani meriwayatkan dengan sanad yang shahaih dari Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘an huma bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda; ”Istri-istri penduduk surga akan menghibur para suami mereka dengan nyanyian yang dibawakan dengan suara yang paling merdu yang pernah didengar orang. Yang mereka nyanyikan adalah, “kami baik dan cantik, istri-istri dari orang mulia dan kami akan memandang suami-suami kami dengan puas dan bahagia.” Meraka juga akan menyanyikan, “Kami hidup kekal dan tidak pernah mati, kami hidup aman dan tidak merasa takut, kami tetap akan berada di sini dan tidak akan pergi.” (Shahih al-Jam’ash shaghir, II, hlm. 48 hadist no. 1557).

Samariah meriwayatkan dalam al-fawaid dari Anas radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Bidadari dalam nyanyian mereka di surga berkata, “ Kami adalah bidadari-bidadari cantik. Kami dipingit untuk suami-suami yang mulia.” (Shahaih al-Jam’ash-shaghir, II, hlm.48. hadist no. 1598).

Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah bercerita mengenai kecemburuan para bidadari atas para suami mereka di dunia, manakala istri suami itu mengecewakan suaminya. Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari Mu’adz radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda; “Tidak ada wanita di dunia ini yang mengecewakan suaminya, melainkan istri suaminya dari kalangan bidadari berkata, “Jangan kecewakan dia, nanti Allah akan memerangimu! Ia bersamu hanya sementara dan ia akan segera meninggalkanmu dan datang kepada kami. "( Misykat al-Mashabih, III, hlm.90, no. 5636)

Sumber: Umar Sulaiman Al-Asyqar, Ensiklopedi Kiamat dari Sakaratul Maut Hingga Surga Dan Neraka, Jakarta: Serambi, 2005, hal. 710 – 713.

Dikutip dari: Buletin “An-Naba”, Edisi ke-9, 27 Rabiul awwal 1428.


Posting Komentar

48 Komentar

  1. lalu bagaimana nasib para istri di bumi? dapatkah mereka bersama suami mereka di dunia?

    BalasHapus
  2. Seorang Muslimah bertanya begini:

    "Ketika saya membaca Al-Qur’an, saya mendapati banyak ayat-ayat yang memberi kabar gembira bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dari kaum laki-laki, dengan balasan bidadari yang cantik sekali. Adakah wanita mendapatkan ganti dari suaminya di akhirat, karena penjelasan tentang kenikmatan Surga senantiasa ditujukan kepada lelaki mukmin. Apakah wanita yang beriman kenimatannya lebih sedikit daripada lelaki mukmin?"

    Syaikh Abdullah bin Jibrin menjawab begini:

    Tidak bisa disangsikan bahwa kenikmatan Surga sifatnya umum untuk laki-laki dan perempuan. Allah berfirman:

    Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal diantara kamu, baik laki-laki ataupun perempuan (Ali-Imran:195)

    Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (An-Nahl:97)

    Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita, sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun (An-Nisa’:124)

    Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu’min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta’atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar(Al-Ahzab:35)

    Allah telah menyebutkan bahwa mereka akan masuk Surga dalam firman-Nya: Mereka dan istri-istri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan (Yasin:56)

    Masuklah kamu ke dalam Surga, kamu dan istri-istri kamu digembirakan(Az-Zukhruf:70)

    Allah menyebutkan bahwa wanita akan diciptakan ulang.

    Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan (Al-Waqi’ah: 35-36)

    Maksudnya mengulangi penciptaan wanita-wanita tua dan menjadikan mereka perawan kembali, yang tua kembali muda. Telah disebutkan dalam suatu hadits bahwa wanita dunia mempunyai kelebihan atas bidadari karena ibadah dan ketaatan mereka. Para wanita yang beriman masuk Surga sebagaimana kaum lelaki. Jika wanita pernah menikah beberapa kali, dan ia masuk Surga bersama mereka, ia diberi hak untuk memilih salah satu di antara mereka, maka ia memilih yang paling bagus diantara mereka.

    [Fatawal Mar’ah 1/13 yang dinukil dalam Al-Fatawa Al-Jami’ah lil Mar’atil Muslimah, edisi bahasa Indonesia Fatwa-fatwa tentang wanita 3 cetakan Darul Haq]

    Habib Mundzir menjawab:

    Bagi kaum pria tersediakan Hurul ‘Ain, dan bagi mereka kaum wanita juga tersedia wildanun Mukhalladun (pemuda belia yg abadi) yg mereka itu bagaikan mutiara mutiara dari indahnya, banyak dijelaskan pada surat AL Insan, Al Waaqiah dll.

    يَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ

    Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, (Al Waqiah: 17)

    وَيَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُخَلَّدُونَ إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَنْثُورًا

    Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan. (Al Insaan 19).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nampaknya perempuan islam kasihan sekali merengek-rengek minta jatah. Anda tenang saja , anda juga akan kebagian pelayan pelayan muda pemuda belia yang abadi. Apabila kamu melihat mereka , libido anda akan naik. Barang mereka kamu jangan kuatir, besar panjang, tidak pernah lemas, tegang terus, terus tegang, nikmatnya luuar biasa, mau anda coba sekarang ?

      Hapus
    2. Nampaknya perempuan islam kasihan sekali merengek-rengek minta jatah. Anda tenang saja , anda juga akan kebagian pelayan pelayan muda pemuda belia yang abadi. Apabila kamu melihat mereka , libido anda akan naik. Barang mereka kamu jangan kuatir, besar panjang, tidak pernah lemas, tegang terus, terus tegang, nikmatnya luuar biasa, mau anda coba sekarang ?

      Hapus
  3. mohon maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya bodoh karea saya memang belum paham betul, apa saja yang dilakukan ahli surga di surga?
    apakah 72 bidadari diciptakan untuk menjadi istri setiap ahli surga? apakah seorang perempuan juga mendapat 72 bidadara sebagai suami?
    saya masih bingung disini. karena doa saya semoga nanti dipertemukan dgn suami di surga kelak amiin.

    BalasHapus
  4. pnh sy mndengar tazkirah....suami diberikan tenaga seratus orang lelaki kekuatannya....

    BalasHapus
  5. Jangan terpedaya hasutan orang kafir.... seolah-olah Islam menafikan perempuan.... krn mrk tdk baca Al Quran dan Al Hadist.... sgt disayangkan kl kalian juga ikut-ikutan tak membacanya.... jdlah muslim yg baik. dan cerdas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai perempuan islam, jangan lupa membaca Alquran terjemahan dan Al Hadist terjemahan . Mohon dengan sangat agar membacanya jangan sekali saja tapi berulang-ulang agar anda tahu dan pengertian anda pun terbuka. Dan jangan lupa membaca situs Alisina di internet tentang biografi nabi Muhammad . Oke jangan lupa ! Tolong ya !

      Hapus
    2. Hai perempuan islam, jangan lupa membaca Alquran terjemahan dan Al Hadist terjemahan . Mohon dengan sangat agar membacanya jangan sekali saja tapi berulang-ulang agar anda tahu dan pengertian anda pun terbuka. Dan jangan lupa membaca situs Alisina di internet tentang biografi nabi Muhammad . Oke jangan lupa ! Tolong ya !

      Hapus
    3. Pantesan sahwat nya besar

      Satu budadari saja kurabg harus dilayani 72 bidadari

      ...dari rujuksn yg ktanya benar
      bnyak orang yg berbonfong2 infin jd mujahid ....membela agama ngebom menyembelih ....
      jd niat beragama karena rakus

      Dsini 1 istri kurang masih nambah ustri.lsin para ustad 2 dan aneh nya itrunya bukanlah ..janda2 atau yg memvutuhkan
      melainkan masih cabtik2 dan oerawan
      contih nnya bnyak kali
      Laki2 yg nenikah sampai 10 orang perawan2

      Dan tidak dirujuk sekalipun ...oleh nabi terdahulu
      perasan2 wanita yg sakit ...hati karena,tingkaj nafsunya ini


      Tidak mungkin tidak

      Dan bahkan yg tidak sependapat dengan kalimat saya ini sudah dipastikan
      kaum laki2
      dan maaf ...iman.juga bgian dari menjaga nafsu
      klow otak isinya cuma byangin kawin

      Bersih kah jiwa kalaian

      Hapus
  6. Kayaknya ayat2 tentang Bidadari diatas harus dibahas lagi dgn teliti, karna sepertinya lebih banyak org yg bakalan memilih berkumpul dgn Keluarganya di Surga daripada 72 bidadari itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo anda ini bagaimana ? Anda ingin merubah ketetapan Allah Swt ? Kalau Allah Swt sudah menetapkan seperti itu, berarti itulah yang terbaik buat anda. Anda akan menikah dengan bidadari yang perawan , istri anda menikah dengan pemuda belia yang barangnya tidak pernah lemas. Allah Swt telah menyediakan gadis harum kesturi , anda kok milih yang bau terasi. Zidham , zidham.

      Hapus
    2. Lo anda ini bagaimana ? Anda ingin merubah ketetapan Allah Swt ? Kalau Allah Swt sudah menetapkan seperti itu, berarti itulah yang terbaik buat anda. Anda akan menikah dengan bidadari yang perawan , istri anda menikah dengan pemuda belia yang barangnya tidak pernah lemas. Allah Swt telah menyediakan gadis harum kesturi , anda kok milih yang bau terasi. Zidham , zidham.

      Hapus
  7. Rasulnya doyan kentot, punya istri banyak
    Bahkan di sorga masih aja berhayal punya istri 72 orang yang cantiknya luar biasa & bisa dikentot sepuasnya
    Luar Binasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo comment pke otak bung . Jgn pke bwa nama rosul . Smoga allah dger dan bkin lu sengsara dunia dan akhirat . Amin ya rob

      Hapus
    2. Anonim bermulut sampah busuklah mulutmu seperti sampah asli di dunia busuk kau sejiwa jiwamu..

      Hapus
  8. Bagaimana kalau ke dua orang tua anda dan Anda masuk surga,, lalu anda melihat Bapak Anda sedang sibuk memompa 72 Bidadari setiap hari bagaimana perasaan ibu anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perdalam ilmu anda tntang ayat2 al quran . Dsitu smua ada jwban dr prtanyaan anda . Kecuali anda bkn muslim maka sampai kapanpun anda tdk akan mnemukan jwban atas pertanyaan anda .

      Hapus
    2. ya Tuhan.. surga itu tempat yg suci tidak ada nafsu tidak ada keinginan daging.. disana kita hidup dalam roh yg kekal, tidak ada huhungan layaknya suami istri.. bahkan bidadari yg disediakan untuk laki2 berimanpun itu sama sekali tidak benar.. laki2 dan perempuan beriman di surga hidup dalam roh yg kekal dan tidak melakukan keingan daging lagi..

      Hapus
    3. Saudara anonim, itu situasi surga anda (surga kristen) surga islam kan berbeda. Di surga anda tidak soal makanan dan minuman dan tidak ada kawin mawin. Di surga saya habis makan minum kawin. Menurut anda mana yang betul-betul dibilang surga ?

      Hapus
    4. Saudara anonim, itu situasi surga anda (surga kristen) surga islam kan berbeda. Di surga anda tidak soal makanan dan minuman dan tidak ada kawin mawin. Di surga saya habis makan minum kawin. Menurut anda mana yang betul-betul dibilang surga ?

      Hapus
    5. Logikanya, kalo di dunia ada tempat kayak gitu, pasti digrebek oleh FPI.

      Lha... Ini di sorga gitu lho.... Mosok ada kawin kawinan dengan 72 bidadari sehh??

      Bidadari itu cuma khayalan si Mamad doang untuk membuat orang baik baik menjadi jahat, baca neh:

      "Saya sempat menawarkan diri menjadi pelaku bom bunuh diri. Waktu itu, Ustad saya (maksudnya Subur, tahanan Polda Metro Jaya) mengatakan, dengan menjadi pelaku bom bunuh diri, SAYA AKAN MASUK SURGA. Saat meledak dan darah saya mengalir, saat itu DOSA SAYA AKAN DIHAPUSKAN. Kemudian saya akan DIJEMPUT 72 BIDADARI yang akan mengantar saya ke surga," ungkap terdakwa Bom Bali II, Anif Solchanudin alias Pendek bin Suyadi di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.
      (DenPost, Rabu 7 Juni 2006)

      Hapus
  9. Semua rahasia ALLAH SWT , hnya orang yg beriman kepadanya dan kpd rosul2nya yang mungkin akan mendapatkan rahmatnya .

    Jgn komentar yg dpt menghancurkan kerukunan umat beragama . Wasalam

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan paket undangan pernikahan cantik nan elegan, paket yasin untuk souvenir acara pengajian tahlilan dan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di www.refiza.com

    BalasHapus
  13. maslahnya
    apakah keluarganya juga BERHAK masuk surga ???
    tiap manusia akan melalui yaumul HISAB
    semua amal akan ditimbang dan diukur
    jadi besar kemungkinan 1 keluarga masuk akhirat
    tidak semua anggota keluarga masuk surga / mungkin juga 1 keluarga masuk surga
    karena sekali lagi
    yang berhak masuk surga adalah umat-NYA yang amal kebaikannya lebih BERAT daripada amal kejelekannya

    BalasHapus
  14. jika jangkauan kemampuan Allah sudah disebutkan dalam Kitab-Nya, manusia laki-laki bertelur seperti ayam pun masih 'memungkinkan'... Lalu bagaimana dengan bidadari disurga??
    Subhana Allah, masukkanlah aku kesurga Firdaus-Mu... Sesunggunya Aku amat bersukur atas semua rizki yang Engkau berikan diDunia dan di Akherat kelak, Amin... Tanks sob, atas infonya... semoga kita memdapatkan apa yang telah Allah janjikan kepada kita semua... Amin

    BalasHapus
  15. Sudah jelas ini khayalan super mesum orang arab abad ke 6, pake disebut agama lagi, hadeeeh ..masalahnya banyak idiot yg jadi teroris karena iming2 ngentotin bidadari. Get a life bro .. use your fuckin brain just a little bit

    BalasHapus
  16. Islam telah membutakan akal sehat manusia, baca neh:

    "Saya sempat menawarkan diri menjadi pelaku bom bunuh diri. Waktu itu, Ustad saya (maksudnya Subur, tahanan Polda Metro Jaya) mengatakan, dengan menjadi pelaku bom bunuh diri, SAYA AKAN MASUK SURGA. Saat meledak dan darah saya mengalir, saat itu DOSA SAYA AKAN DIHAPUSKAN. Kemudian saya akan DIJEMPUT 72 BIDADARI yang akan mengantar saya ke surga," ungkap terdakwa Bom Bali II, Anif Solchanudin alias Pendek bin Suyadi di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.
    (DenPost, Rabu 7 Juni 2006)

    Islam telah membuat orang baik menjadi jahat....

    Mustahil di sorga ada kawin kawinan dengan bidadari, muslim telah tertipu oleh si Mamad...

    BalasHapus
  17. Jangan teperdaya dengan komentar 2 yang seolah-olah menghancurkan islam.
    Mereka hanyalah orang2 yang gengsi akan kebenaran Al Quran dan ketetapan Allah Swt. Karena mereka pada dasarnya mereka hanya mempelajari dan tidak mengkaji.
    Mereka berkata seperti itu karena mereka tidak akan mendapatkan surga.

    BalasHapus
  18. ya terserah :v mau dapet bidadari di surga yang bersih atau mau dapet pesundal/pelacur pemungut cukai di surga kotor? :v

    BalasHapus
  19. artikel bagus penuh petuah yg baik

    BalasHapus
  20. apakah kita semua akan menemukan bidadari kita ?

    BalasHapus
  21. bidadari surga impian semua pria

    BalasHapus
  22. ada kenikmatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kenikmatan seks yaitu kenikmatan batin, sorga seks adalah sorga yang paling rendah derajatnya

    BalasHapus
  23. Sorga itu bertingkat-tingkat. Sorga seks itu derajatnya yang paling rendah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. ini akibat kalo "nabi" maniak selangkangan...suasana syurga akan lain
    seandainya "nabi" ini seorang maniak GAMES, saya jamin pasti gambaran SYURGA akan penuh dengan TV layar lebar dan PS4 seri terbaru, dengan listrik yang nonstop tidak pake mati lampu, serta mata yang tidak pernah mengantuk untuk main games nonstop.
    Sebaiknya buat rekan muslim, cobalah baca syirah nabi dalam bahasa yg anda pahami.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus