TAHLILAN DAN TA'ZIYAH MENURUT ISLAM

Posted by Bang Nonki Selasa, 15 Februari 2011

Sudah menjadi tradisi di kalangan Umat Islam Indonesia, bila seseorang muslim wafat, maka keluarga yang ditinggalkan akan menyelenggarakan tahlilan yang biasanya dihadiri oleh para kerabat, keluarga, tetangga dan handai taulan.

Setelah tahlil, biasanya acara dilanjutkan dengan ta'ziah. Dalam ta’ziah ini, biasanya pula seringkali diisi dengan ceramah agama. Tujuannya, di samping untuk menghibur keluarga yang sedang berduka, sekaligus juga untuk menyampaikan da'wah atau siraman rohani bagi yang hadir dalam majelis ta’ziah tersebut.

Namun karena dalam prakteknya ada dua pendapat besar yang saling berselisih mengenai tahlilan dan ta'ziah ini, maka kemudian muncullah permasalahan. Bagaimanakah sesungguhnya syariat Islam menyikapi tahlilan dan ta’ziah? Di manakah letak perbedaan yang selama ini diperselisihkan itu?

Semoga uraian berikut dapat menambah tsaqafah (wawasan) kita dalam menyikapi pertentangan ini, dan di atas semua itu, semoga pula pelajaran yang dapat dipetik darinya semakin menguatkan pemahaman kita tentang ajaran Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam tentang Islam untuk kemudian menjadi cermin perilaku sehari-hari kita selaku umat muslim. Amin!

  • TAHLILAN
Pengertian Tahlil
Dari sisi etimologi, kata tahlil memiliki arti mengucapkan laailaahaillallah. Dalam hadits dijelaskan, bahwa Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda, "Perbaharuilah imanmu! Seorang sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana cara memperbaharui iman? Beliau menjawab, "Perbanyaklah tahlil!"

Merujuk pada hadits ini, maka tahlil mengandung pengertian; mengucapkan kalimat laailahaillallah (tiada Ilah selain Allah). Demikian disebutkan dalam kamus kontemporer. Kata tahlil termasuk dalam beberapa kata yang telah dibakukan untuk satu ucapan tertentu. Kata tahlil serumpun dengan kata Tahmid; mengucapkan alhamdulillah, tasbih; subhanallah, hamdalah; alhamdulillahi rabbil ‘alamin, dan sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya, istilah tahlilan kemudian lebih dipahami di lingkungan masyarakat Indonesia sebagai bagian dari ritual dzikir, khususnya ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia. Persoalan selanjutnya adalah munculnya perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang apakah Islam memperbolehkan tahlilan atau tidak?

  • PENDAPAT ULAMA MENGENAI TAHLILAN
Pada hakikatnya permasalahan tahlilan merupakan salahsatu ritual agama yang masih diperdebatkan oleh ulama sejak dulu hingga saat ini. Adapun titik krusial yang menjadi inti perbedaan tersebut terletak pada pertanyaan berikut:

  1. Apakah doa, bacaan istighfar untuk mayit, dan bacaan Al-Quran dari orang hidup yang pahalanya dihadiahkan kepada orang yang sudah meninggal dapat memberi manfaat bagi si mayit atau tidak?
  2. Apakah tahlilan - dalam bentuk yang kita kenal selama ini - disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya?
Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah membagi bentuk amal perbuatan manusia menjadi dua bagian. Pertama, amal badaniyyah. Yaitu, amal yang dipraktekkan langsung oleh fisik manusia, seperti shalat, puasa dan dzikir. Kedua, amal maliyyah. Yaitu, amal dalam bentuk materi dan harta, seperti sedekah dan infaq.

Berangkat dari dua pendapat Imam Ibnul Qayyim di atas, para ulama pun kemudian berbeda pendapat tentang tahlilan sebagaimana tersebut di bawah ini:

  • PENDAPAT PERTAMA
Ritual tahlil bukan termasuk sesuatu yang dianjurkan agama, dan memohonkan ampun serta menghadiahkan pahala kepada orang yang telah mati tidak berpengaruh sedikit pun bagi sang mayit. Pendapat ini berdasarkan pada beberapa dalil seperti berikut:

Firman Allah Subhanahu Wata'ala:

أَلاَّ تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى * وَأَنْ لَيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
"Bahwasannya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan seorang manusia tidak akan memperoleh selain apa yang telah diusahakannya." (QS. An-Najm[53]: 38-39)

فَالْيَوْمَ لا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئاً وَلا تُجْزَوْنَ إِلاَّ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
"Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun, dan kamu tidak dibalasi kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Yaasiin[36]:54)

لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ
"Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya." (QS. Al-Baqarah[2]: 286)

Tiga ayat di atas merupakan kalimullah, bahwa orang yang telah mati tidak berkesempatan lagi memperoleh tambahan pahala yang dapat menyelematkannya dari siksa kubur di akhirat, kecuali yang disebutkan oleh Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam dalam hadits riwayat Imam Muslim:

  • "Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: (1) sedekah jariyah, (2) Doa anak shalih, (3) Ilmu yang bermanfaat sesudahnya."
  • "Barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak kami perintahkan, maka (perbuatan) itu tidak diterima."

Hadits pertama menyebutkan, hanya ada tiga perkara yang akan mendatangkan manfaat bagi si mayit. Dari tiga perkara itu tidak ada satupun yang mengisyaratkan adanya tahlil, atau membolehkan tahlilan.

Hadits kedua lebih tegas lagi, bahwa segala perbuatan yang tidak dicontohkan Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam adalah perbuatan bid’ah. Berdasarkan hadits kedua ini, sebagian ulama menyimpulkan bahwa tahlilan bertentangan dengan Syariat karena tidak sesuai dengan enam hal yang mereka sepakati bersama. Keenam hal tersebut adalah: (1) sebab atau illat, (2) jenis, (3) kadar atau bilangan, (4) waktu, (5) tata cara atau kaifiyah, dan (6) tempat.

Karena itu jelaslah bahwa semua pahala amal ibadah manusia yang masih hidup tidak dapat dihadiakan kepada orang yang telah meninggal dunia. Bahkan pahala yang diniatkan untuk dihadiahkan kepada si mayit tidak akan pernah sampai, dan tidak akan memberi manfaat sedikit pun bagi si mayit. Hal ini berlaku untuk seluruh aspek amal kebaikan, baik itu amal badaniyah atau maliyyah, kecuali tiga hal yang mendapat pengecualian sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Muslim di atas.

  • PENDAPAT KEDUA
Antara ibadah badaniyah dan ibadah maliyah harus dibedakan. Pahala ibadah maliyyah seperti sedekah dan infak akan sampai kepada mayit. Sedangkan ibadah badaniyah seperti shalat dan bacaan Al-Quran, tidak ada pengaruhnya bagi sang mayit. Dengan kata lain pahalanya tidak akan sampai kepada mayit. Pendapat ini paling masyhur di kalangan mazhab Syafi’i dan Maliki. Mereka ber-hujjah, bahwa ibadah badaniyah termasuk kategori ibadah yang tidak bisa digantikan oleh orang lain. Sama halnya ketika si mayit sendiri masih hidup, ia tidak akan bisa mewakili kewajiban shalat orang lain yang juga masih hidup. Sebab ibadahnya tidak sah, sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam:

لاَ يُصَلِّي أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ وَلاَ يَصُوْمُ أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ، وَلَكِنْ يُطْعِمُ عَنْهُ مَكَانَ كُلِّ يَوْمٍ مُدًّا مِنْ حِنْطَةٍ
"Seseorang tidak boleh melakukan shalat untuk menggugurkan kewajiban shalat orang lain, dan tidak pula melakukan puasa untuk menggantikan puasa orang lain, tetapi hendaklah ia memberi makan untuk satu hari sebanyak satu mug gandum."

  • PENDAPAT KETIGA
Doa dan juga ibadah yang diniatkan untuk mayit, baik dalam bentuk maliyah atau pun badaniyah, sangat bermanfaat bagi mayit berdasarkan dalil-dalil berikut:

Pertama: Dalil Al-Quran

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِاْلإِيمَانِ

’’Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa, ’’Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami.’’ (QS. Al-Hasyr[59]:10)

Dalam ayat ini Allah Subhanahu Wata'ala menyanjung orang beriman, karena mereka memohonkan ampun (istigfar) untuk orang-orang beriman sebelum mereka. Ini menunjukkan, bahwa orang yang telah meninggal mendapat manfaat dari istigfar orang yang masih hidup.

Kedua: Dalil Hadits

Dalam hadits, banyak diajarkan doa-doa yang dibaca untuk jenazah seperti doa yang ditujukan untuk mayit setelah ia dikubur, doa ziarah kubur, dan doa saat menshalati jenazah seperti sabda Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam:

"Auf bin Malik berkata: Saya mendengar Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam setelah selesai shalat jenazah berucap: "Ya Allah, ampunilah dosanya, sayangilah dia, maafkanlah dia, sehatkanlah dia, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah kuburannya, mandikanlah dia dengan air salju dan air embun, bersihkanlah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih bersih dari kotoran, berilah ia tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya di dunia, beri juga keluarga yang lebih baik dari keluarganya yang di dunia, juga pasangan yang lebih baik dari pasangannya di dunia. Dan peliharalah dia dari siksa kubur dan siksa neraka".

Dalam hadits lain dijelaskan, bahwa sedekah yang diniatkan untuk mayit, pahalanya akan sampai kepada mayit. Redaksi hadits tersebut adalah,

"Abdullah bin Abbas r.a. berkata: "Suatu ketika ibu Saad bin Ubadah meninggal dunia ketika Saad tidak berada ditempat. Lalu, ia datang kepada Nabi dan bertanya, "Wahai Rasulullah, ibuku telah meninggal dunia saat saya tidak mendampinginya, jika saya bersedekah dengan niat pahalanya buat beliau, akan sampaikah pahala itu kepada ibu saya? Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam menjawab: "Ya!" Saad berkata lagi, "Saksikanlah, bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan di jalan Allah, agar pahalanya dipetik oleh ibuku."

Ketiga: Dalil Ijma’

  1. Jumhur ulama sepakat, bahwa doa yang dibaca dalam shalat jenazah, sangat bermanfaat bagi mayit. Artinya, bila ia seorang pendosa, maka doa tersebut dapat meringankan siksanya, baik dalam kubur maupun di akhirat kelak.
  2. Utang mayit dianggap lunas bila dibayar orang lain, sekalipun bukan keluarganya. Berdasarkan hadits Abu Qatadah, ketika ia menjamin akan membayar hutang seorang mayit sebanyak dua dinar. Setelah ia tunaikan utang itu Nabi Salallahu Alaihi Wassalam bersabda:
أَلآنَ بَرَدْتَ عَلَيْهِ جِلْدَتَهُ
"Sekarang engkau telah mendinginkan kulitnya".

Pendapat ini dikuatkan pula oleh seorang pakar fiqih mahzab Hanbali, yaitu Syekh Abdullah bin Muhamad bin Humaid - rahimahullah -. Dalam kitab beliau berjudul "Gayatul Maqsud" beliau membahas secara khusus masalah ini. Beliau mengatakan;

"Bahwa seluruh ulama dari berbagai mazhab menyetujui pendapat ini. Yaitu, pahala yang diniatkan kepada mayit akan sampai padanya. Bahkan semua bentuk amal shaleh yang dilakukan orang yang hidup, lalu menghadiahkannya kepada mayit, seperti haji, sedekah, binatang korban, umrah, bacaan Al-Quran serta tahlil, takbir dan shalawat pada Nabi tidak diragukan lagi, akan sampai pada mayit."

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa nashush fiqhiyyah dari berbagai mazhab, menyangkut masalah tahlil:

MAZHAB HANAFI
Usman bin Ali Az-Zaila’i dalam kitabnya ‘Kanzu Daqaiq’ menjelaskan dalam bab alhajju ‘an ghairihi sebagai berikut:
"Pada dasarnya, manusia memiliki hak untuk mentransfer pahala perbuatannya pada orang lain. Sebagaimana diakui oleh penganut ahli sunnah wal jama’ah, baik itu shalat, puasa, haji, sedekah, bacaan Al-Quran, dzikir dan lain sebagainya. Pendeknya, semua bentuk amal kebajikan. Dan seluruh pahalanya akan sampai kepada mayit bahkan dapat memberi manfaat bagi mayit."

Pendapat ini disetujui oleh Imam Al-Marginani pada awal bab al-hajju ‘anilghair (menghajikan orang lain).

MAZHAB MALIKI
Al-Qadhi ‘Iyadh ketika menjelaskan hadits riwayat Muslim yang berbunyi;

"Mudah-mudahan kedua pelepah korma ini dapat meringankan azab orang yang baru saja dikubur selama pelepah korma ini masih basah."

Dari hadist ini, para ulama berkesimpulan bahwa bacaan Al-Quran yang diniatkan untuk mayit hukumnya Sunah. Sebab bila pelepah korma saja dapat meringankan azab sang mayit, apatah lagi bacaan ayat Al-Quran? Tentu lebih utama dari pelepah korma. Pendapat ini didukung oleh Imam Al-Qarafi dan Syekh Ibnul Haj.

MAZHAB SYAFI'I
Imam Nawawi berkata;

"Disunahkan bagi orang yang menziarahi kubur untuk menyalami penduduk kubur yang diziarahi dan mendoakan mereka. Lebih afdhal lagi bila doa yang dibaca sesuai dengan yang pernah dibaca Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam. Demikian juga, disunahkan membaca Al-Quran untuk penghuni kubur, lalu disambung langsung dengan bacaan doa bagi keselamatan mereka."

MAZHAB HANBALI
Imam Ibnu Qudamah berkata;

"Segala bentuk perbuatan yang dapat mendatangkan pahala dan diniatkan untuk sang mayit muslim, insya Allah, dapat ia petik hasilnya. Apalagi doa, istigfar, sedekah dan hal-hal wajib yang memang harus ditunaikan. Para ulama sepakat, hal itu pasti dirasakan manfaatnya oleh sang mayit."

Pendapat ini dikuatkan oleh Syaikhul Islam Taqiyuddin Muhammad bin Ahmad Al-Fatuhi dan Syaikh Mansur Al-Bahuti.

  • TENTANG MENYEDIAKAN MAKANAN
Dalam ritual tahlilan, biasanya keluarga mayit menyediakan makanan untuk disuguhkan kepada tamu yang hadir dalam acara tersebut. Mereka meniatkan suguhan itu sebagai sedekah. Padahal, Nabi Salallahu Alaihi Wassalam justru memerintahkan para tetangga atau karib kerabat keluarga yang berdukalah yang mengulurkan bantuan. Baik itu berupa makanan atau apa saja guna meringankan beban sekaligus menghibur mereka. Karenanya ungkapan rasa belasungkawa pun mereka tunjukkan dengan membawa sesuatu untuk melancarkan prosesi penguburan jenazah. Di antaranya adalahdengan membawa makanan bagi keluarga yang dilanda musibah.

Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بِنْ جَعْفَرَ قَالَ : لَمَّا جَاءَ نَعْيُ جَعْفَرَ حِيْنَ قُتِلَ قَالَ النَّبِيُّ ": اصْنَعُوْا لآلِ جَعْفَرَ طَعَامًا فَقَدْ أَتَاهُمْ مَا يُشْغِلُهُمْ (رواه الشافعي وأحمد).

"Abdullah bin Ja’far berkata: "Tatkala datang berita bahwa Ja’far telah terbunuh, Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda: "Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far! Karena telah datang kepada mereka hal yang menyibukkan mereka." (HR. Asy-Syafi’i dan Ahmad).

Karena itu, sepatutnya yang menyediakan makanan bagi keluarga yang dilanda musibah adalah tetangganya. Bukan keluarga si mayit yang sudah tertimpa musibah, masih pula harus menyediakan makanan bagi kerabat dan handai taulan yang datang berta'ziah.

Adapun pendapat lain yang memperbolehkan keluarga si mayit menyediakan makan bagi para penta’ziah di saat tahlilan merujuk pada hadits yang menganjurkan supaya mereka bersedekah dengan niat agar si matiy mendapatkan pahalanya. Dengan demikian pahala menjamu penta'ziah saat tahlilan semata-mata dimaksudkan untuk dihadiahkan bagi si mayit.

Akan tetapi perlu kiranya diingat bahwa memberi makan para penta'ziah dalam kondisi duka seperti ini bukan merupakan hal yang wajib. Oleh karenanya, jangan sampai keluarga yang berduka memaksakan diri menjamu tamu. Apalagi sampai berhutang demi memenuhi kebutuhan jamuan tersebut, atau lebih mendahulukan jamuan daripada hal-hal lain yang sifarnya wajib, semisal menunaikan wasiat dan melunasi hutang-hutang si mayit.

  • TENTANG TA'ZIAH
Sebenarnya, sejak dulu ta’ziyah sudah sering dibahas ulama fiqih. Dalam literatur fiqih, bahasan ta’ziyah masuk kategori bab ibadah. Ta’ziyah tidak dapat dipisah dari permasalahan jenazah, atau ketika para ulama membahas hukum mengunjungi orang sedang sakaratulmaut atau meninggal dunia. Termasuk di dalamnya hukum memandikan mayit, mengkafankan, menguburkan sampai menshalatinya. Maka ta’ziyah, tentu saja, tidak akan luput dari perbincangan ulama. Ia ibarat ungkapan belasungkawa seseorang sebagai ekspresi dari rasa solidaritas terhadap musibah yang menimpa saudaranya.

  • PENGERTIAN TA'ZIAH
Menurut bahasa, ta’ziyah bersumber dari akar kata ‘azza. Artinya, menghimbau agar bersabar, atau membantu melapangkan dada seseorang yang sedang ditimpa musibah. Sedangkan menurut istilah, terdapat beberapa definisi ulama. Akan teapi semuanya tidak keluar dari makna lugawi di atas. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Syarbini al-Khatib menjelaskan, bahwa ta’ziyah adalah:

"Menasehati orang yang berduka cita untuk tetap sabar. Mengingatkan ganjaran yang dijanjikan bagi orang sabar dan kerugian bagi orang yang tidak sabar. Memohonkan ampunan kepada si mayit, agar tegar menghadapi musibah."

Imam Nawawi berkata:

"Ta’ziyah adalah menyabarkan, dengan wasilah apa saja yang dapat menyenangkan perasaan keluarga mayit, dan meringankan kesedihannya."

Imam Al-bahuti Al-Hanbali, menyebutkan:

"Ta’ziyah adalah menghibur dan memberi semangat kepada orang yang ditimpa musibah agar tetap sabar. Mendoakan si mayit bila ia seorang muslim atau muslimah."

Ibnu Qudamah menyatakan, bahwa yang dimaksud dengan ta’ziyah adalah:

"Menghibur keluarga mayit dan membantu tunaikan hak mereka, serta senantiasa berada di dekat mereka."

  • HUKUM TA'ZIAH
Para fuqaha sepakat bahwa hukum ta’ziyah hanyalah sunnah. Tidak ada seorang pun memperselisihkan hal ini. Di bawah ini beberapa kutipan ringkas pendapat mereka:

Ad-Dardiri: "Disunatkan ta’ziyah untuk keluarga mayit."

Ibnu ‘Abidi: "Disunatkan ta’ziyah bagi siapa saja. Untuk perempuan tentu bagi yang tidak menimbulkan fitnah."

An-Nawawi: "Imam Syafi’i dan murid-muridnya berpendapat bahwa ta’ziyah hukumnya sunnah."

Ibnu Qudamah: "Disunatkan untuk ta’ziyah kepada keluarga mayit. Sejauh ini, tidak ada perbedaan pendapat tentang hal ini, hanya saja Imam Tsauri membatasi hukum sunnah di sini sebelum dikuburkan. Setelah penguburan selesai ta’ziah tidak dianjurkan lagi, karena segala urusan yang berhubungan dengan mayit telah selesai."

Al-Wazir bin Habirah: "Semua ulama sepakat, bahwa hukum ta’ziyah adalah sunnah."

Dari pernyataan ulama-ulama berbagai mazhab di atas maka jelaslah bahwa hukum ta’ziyah hanya sunat. Tidak ada seorang pun dari mereka yang menyatakan wajib, atau sebaliknya, bahwa ta’ziyah tidak boleh. Kendati demikian, ada beberapa dalil yang menyatakan bahwa ta’ziyah itu masyru’ seperti di antaranya:

"Sesungguhnya Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda, "Barang siapa menghibur saudaranya yang seiman kala ditimpa musibah, maka Allah akan mengenakan ia sebuah pakaian berhias dengan warna hijau menyenangkan di hari kiamat kelak. Sahabat bertanya, ya Rasulullah, apakah yang menyenangkan itu? Dijawab oleh Rasulullah, yaitu sesuatu yang membuat orang iri padanya." [HR Anas r.a]

"Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda: "Barang siapa menghibur saudaranya yang ditimpa musibah, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang ditimpa musibah tersebut." [HR Abdullah bin Mas’ud r.a]

"Sesungguhnya Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam bersabda: "barang siapa menghibur wanita yang kehilangan anaknya (wafat), maka Allah akan memakaikannya pakaian kebesaran di dalam surga." [HR Abu Bazrah r.a]

  • HIKMAH TA'ZIAH
Tentu saja ta’ziyah memiliki hikmah yang dalam sebagaimana ibadah-ibadah lainnya. Bahkan hikmah yang terkandung di dalamnya amat banyak, baik yang tampak maupun yang tersirat. Karena itu, sebagian ulama menjabarkan hikmah yang dikandung dalam ta’ziyah. Di antaranya adalah penjelasan Al-Shawi Al-Maliki yang dinukil dari Ibnu Qasim bahwa sesungguhnya ta’ziyah memiliki tiga hikmah besar.

Pertama: memberikan kemudahan dan jalan keluar kepada keluarga mayit. Menghibur mereka agar tetap tabah dan teguh hati dalam bersabar. Mengingatkan pahala sabar. Dan ridha atas ketentuan Allah dengan menyerahkan segala urusan kepada-Nya semata.

Kedua: berdoa agar Allah Subhanahu Wata'ala mengganti musibah tersebut dengan ganjaran pahala yang (sangat) besar.

Ketiga: mendoakan dan memohonkan ampun bagi si mayit agar Allah Subhanahu Wata'ala senantiasa mengasihinya.

Selain ketiga hikmah di atas, Ibnu Qasim menambahkan hikmah lain dari ta'ziah sebagai berikut:

Momentum bagi keluarga si mayit untuk mengingat dan berbuat amal kebajikan serta senantiasa mengingat Allah Subhanahu Wata'ala. Menyadari bahwa kematian dapat menjemput kapan saja, dan di mana saja. Sebab, sesungguhnya kematian itu amatlah dekat dengan manusia. Maka hendaknya setiap anggota keluarga yang ditinggalkan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya menyongsong kematian yang akan datang kapan saja. Agar dengan demikian, saat dirinya menghadap Allah Subhanahu Wata'ala kelak, maka seluruh jiwa dan raganya sudah dalam keadaan ridha dan Insya Allah, mendapat ridha dari Allah Subhanahu Wata'ala pula. Di samping itu, ta'ziah dapat pula mencegah keluarga si mayit dari perilaku maksiat yang dimurkai Allah Subhanahu Wata'ala setelah kematiannya.

  • KESIMPULAN
Ditinjau dari aspek membaca ayat-ayat Al-Quran, tahlil, tahmid, takbir, tasbih, shalawat, doa dll, maka kesemuanya sangat dianjurkan oleh Islam untuk dilaksanakan. Bacaan Al-Quran, tasbih, istigfar dan amalan-amalan lain yang dihadiahkan kepada si mayit pun, Insya Allah, akan sampai pahalanya sebagaimana yang diniatkan. Demikian pula dengan menyediakan makan dan melaksanakan ta'ziah.

Pembaca dapat menelaah kembali pendapat-pendapat ulama di atas melalui bebagai literatur bebas dari ensiklopedi hukum Islam yang ada. Tulisan ini hanya stimulan awal, untuk kemudian dikaji lebih luas dan mendalam pada kesempatan lain.

Demikanlah uraian singkat ini disampaikan dengan harapan semoga dapat memperkaya pemahaman kita tentang ajaran Islam. Hanya kepada Allah jualah kita bermohon, mudah-mudahan kita diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah.
Amin ya Rabbal ‘Alamin!


[Oleh Luqmanul Hakim Abubakar - Dari Blog Bismillah]


73 Komentar

  1. ysa menulis:
  2. Salam,
    Mohon ijin mengambil sedikit penerangan tentang kalimah Basmalah dari artikel Bapak. Semoga Bapak terus istiqomah menulis.

    ysa

     
  3. Anonim menulis:
  4. Syukron wa jazakallah atas tulisan ini (Muhammad Qorib, Medan).

     
  5. Abang Nonki menulis:
  6. Ysa, terima kasih untuk perhatian yang sudah diberikan kepada blog ini, dan terima kasih pula untuk 'menyemangati' kami. Semoga bermanfaat.

     
  7. Abang Nonki menulis:
  8. Saudara Muhammad Qorib,
    Terima kasih sudah singgah dan menulis untuk kami. Semoga tulisan di atas bermanfaat sebagaimana dimaksudkan oleh penulisnya. Amin.
    Salam.

     
  9. lukmanul hakim menulis:
  10. terimakasih ilmunya. tapi ada sedikit pertanyaan yang mengganjal dihati saya. KENAPA KOK SUDAH MENJADI TRADISI JUGA HARINYA DITENTUKAN YAITU hari ke-7 ke-40 ke-100. apa itu juga emang ada haditsna. maaf saya miskin ilmu. tolong PENJELASANNYA.

     
  11. Bang Nonki menulis:
  12. Sdr. Lukmaul Hakim,
    Terima kasih sudah menyempatkan singgah dan menulis untuk kami.

    Tentang tahlilan dalam konteks "tradisi" ini, sehingga muncul "kebiasaan" di kalangan sebagian umat Islam Indonesia untuk melaksanakannya pada hari ke-7 hari ke-40, hari ke-100 dst, saya kira ada baiknya jika kita simak juga tulisan (hampir) serupa berjudul Tahlilan Dalam Kacamata Islam Dan Historisnya di situs QUR'AN DAN SUNNAH.

    Untuk lebih jelasnya silahkan klik di sini.
    Semoga bermanfaat.
    Salam.

     
  13. luckmant h.p menulis:
  14. kenapa di tulisan yg terakhir anda berani menyimpulkan sendiri......
    pdahal dr alquran sendiri telah diktakan bahwa.:
    * "Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: (1) sedekah jariyah, (2) Doa anak shalih, (3) Ilmu yang bermanfaat sesudahnya."
    * "Barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak kami perintahkan, maka (perbuatan) itu tidak diterima."
    .......
    bukankah itu sudah cukup jelas..!!
    dan bukankah alquran itu turun langsung dari ALLAH...

     
  15. Bang Nonki menulis:
  16. Sdr. Luckmant H.P,
    Kami mengerti 'keberatan' saudara menyangkut kesimpulan penulis pada artikel di atas. Namun sayangnya kami tidak berhak untuk menjawab pertanyaan tentang 'kenapa' tersebut, sebab yang paling berhak, tentu saja, adalah Mas Luqmanul Hakim Abubakar yang dalam hal ini telah berbagi dengan kita kajiannya atas 'silang-pendapat' yang ada di antara umat Muslim Indonesia perihal tahlilan dan ta'ziah.

    Kendati demikian, ijinkan kami menghimbau saudara untuk sudilah kiranya menyimak kembali tulisan di atas, atau versi aslinya di sini, dengan hati yang lapang tanpa prasangka. Mudah-mudahan ada pelajaran yang dapat kita petik bersama dari sana. Kami khawatir saudara agak terburu-buru membacanya, demikian pula dalam mengambil kesimpulan.

    Ohiya, sekedar meluruskan; dua kalimat yang saudara petik di atas adalah sabda Rasulullah Salallahualaihi wassalam dalam hadits beliau. Bukan kalamullah seperti yang saudara maksudkan.

    Semoga berguna.
    Mohon maaf jika jawaban ini belum memuaskan hati saudara.
    Salam.

     
  17. Anonim menulis:
  18. Mohon maaf,

    Apa jua perbuatan yang kita lakukan, pastinya, kita inginkin keredhaan Allah Ta'ala.. Sekiranya telah tertulis di dalam Al-Quran: "Barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak kami perintahkan, maka (perbuatan) itu tidak diterima.", apa, haruskah kita mendahulukan hadits (yang membenarkan majlis tahlilan) daripada kata-kata yang tertera di dalam Al-Quran?

     
  19. Anonim menulis:
  20. tak satupun riwayat menerangkan bahwa rasulalloh pernah mengadakan tahlilan ketika ada kematian , jadi apakah tahlilan dalam rangka adanya kematian seseorang ada dasarnya? apalagi dengan menentuka bacaan dan waktunya itu gak ada dasarnya.

     
  21. Anonim menulis:
  22. Saya kok bingung dengan beberapa pendapat mengenai "Tahlil"
    1. Apa sih yang dibaca dalam tahlil?
    2. Apa sih tujuan tahlil?
    Saya yakin secara logika tujuannya baik karena:
    1. Membaca ayat Al-Quran.
    2. Untuk mendo'akan orang yang sudah meninggal.
    Lantas atas dasar apa bagi mereka yang tidak setuju adanya tahlil yg jelas-jelas bertujuan baik??
    Allah maha segala-galanya, Dia maha mendengar dan maha mengetahui, maka Allah akan mengetahui apa tujuan orang2 yang mengadakan tahlil tersebut.

     
  23. Anonim menulis:
  24. Oper pahala..????

    seorang bapak kelelahan dari kerja.. dia menyuruh anaknya untuk solat isya' anaknya..
    nak.. solatlah isya' 8 rekaat ya.. yang 4 rokaat buat bapak karena bapak capek sekali mau solat... (oper pahala..) apakah boleh...

     
  25. jajang fahmudin menulis:
  26. apakah ada hadits Bukhori Muslim tentang ta'ziah?

     
  27. muhammad dohan menulis:
  28. Assalamu'alaikum Wr. Wb., di tulisan Bapak, ada Firman Allah yang bunyinya begini,
    "Bahwasannya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, dan seorang manusia tidak akan memperoleh selain apa yang telah diusahakannya." (QS. An-Najm[53]: 38-39),
    Mengapa harus, 3, 7, 40, 100, dan 1000 hari Pak?, Kenapa tidak 13 hari atau 26 hari?, apakah Alquran dan Hadistnya memerintahkan seperti itu, Pak?, terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

     
  29. Anonim menulis:
  30. aneh ya kalian ini, kaum selain islam sudah memikirkan bagaimana pergi ke mars,tapi kaum muslimin masih saja berebut benar mengenai hal-hal yang dapat menyatukan umat. saya menghimbau agar bagi rekan-rekan yang masih melaksanakan shalat tarawih,witir berjamaah,agar di cek dasar hukumnya,bid'ah atau bukan.jadi bisa sebagai referensi mengenai tahlil.

     
  31. budi menulis:
  32. Maaf sebelumnya bila comen saya beda dengan yg lain,memang benar dosa orang lain tidak bisa ditanggung orang lain,TAPI mendoakan dan memohon ampunana pada ALLAH supaya orang yg meninggal diampuni dosanya apa itu salah,,,,,,,, dan doa selamat itu penting bagi kita,bila tahlil itu salah kenapa banyak orang jiarah,ingat yg bisa mengankat kita dari api neraka adalah anak keturunan kita

     
  33. Anonim menulis:
  34. dalam ibadah baiknya kita mencari dalil yang memerintahkannnya jangan menggunakan hawa nafsu kita , mudah mudahan bermanfaat sesama muslim saling mengingatkan syukron

     
  35. zeyno Arden menulis:
  36. Emang yang tahlilan dan yang ga tahlilan di jamin masuk SURGA boss..menurut ane kaga usah diributin...

     
  37. Anonim menulis:
  38. iya benar kebvanyakan umat muslim yang masih awam mereka berkomentar di media FB twitter dsb mereka suka memakai kata kata kotor seperti pada perdebatan antar agama,...bagiku itu justru merendahkan umat muslim akibat perkataan orang awam tsb,...!!!

     
  39. doni purwanto menulis:
  40. gak usah diributkan lah pak, insyaallah segala niat dan perbuatan yang baik atas nama allah insyaallah diterima. berbeda pendapat wajar tapi tidak usah di perpanjang dan tidak usah pake emosi. islam itu sangatlah luas, makanya banyak perbedaan. nah semoga semua perbedaan ini dapat menyatukan umat islam bukan malah menghancurkan. allah swt aja itu suka meringankan umatnya bukan malah mempersulit.

     
  41. Anonim menulis:
  42. Akal jangan sampai menyetir Al-qur'an dan Hadist. Tapi sebaliknya... jadi, kalau qur'an dan hadist mendalilkan tahlilian itu, bid'ah. Ya kita jangan melakukan tahlilan. Gitu aja kok repot...

     
  43. yg ga suka tahlilan ya monggo, yg ga suka solawatan ya monggo, yg ga suka yasinan ya monggo, yg ga suka tabarruk ya monggo,,,ga adalarangan ko' Orang2 NU selalu terbuka, bagi yg ga suka ya silahkan jangan diikuti, beda pendapat boleh, tapi saling menghujat apalagi mengkafirkan itu yg dilarang..
    alhamdulillah indonesia terbukti ulama2 yg sholeh2 itu alhamdulillah melakukan itu, artinya Allah meridhoi,
    trus bagai mana santri bisa perang melawan belanda denganbambu runcing,,,,padahal santri suka tahlilan, suka solawatan, suka yasinan, suka tabarruk, dan ini berkat do'a kiyai...

    alhamdulillah kami sekeluarga NU

    karna orang jaman sekarang pengen tau dalil dan dalil tapi ga ngerti isi dalil tersebut redaksinya kemana...maka dari itu perbanyak belajar kitab kuning, fiqih, tasawub, tauhid dan banyak yg lain...ilmu itu bukan hnya yg ada di Al qur'an dan hadist saja, tapi jangan salah pengertian, al Qur;an dan hadis itu pohon dari semua ilmu yg ada...ilmu itu luas bahkan ga cukup seumur hidup kita utnuk dipelajari, tapi kita wajib belajar dan berusaha, karna semakin kedepan keadaan dunia ini semakin baru dan berubah peradabanya...

     
  44. sugengdrs menulis:
  45. Tahlilan itu hukumnya jelas. Yg belum tahu belajarlah. Kalau tak mau belajar bagaimana bisa tahu. Jangan mudah menyalahkan orang lain. Jangan2yg engkau salahkan itu justeru yg benar. Ingat kebenaran mutlak hanya milik Allah karena hanya Allah yg maha benar. Kecuali yg jelas2 menyimpang. Kalau kita mau kuat mari kita bersatu...singkirkan debat kusir yg tak ada penyelesaiannya itu. Surga itu atas ridho dari Allah swt.... .Kita mencari ridho dariNya....Mari kita perbanyak ilmu untuk mendapatkan RIDHO NYA. AMIIN.

     
  46. joyce meyer menulis:
  47. Halo, saya Ibu Joyce, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: joycemeyerloanfirm@gmail.com

     
  48. Ady Irawady menulis:
  49. Hadits Rasulullah SAW : “Jika aku berikan perintah kepadamu mengenai agama, ikutilah, dan jika aku menyampaikan sesuatu hal yang berasal dari pendapatku sendiri, ingatlah bahwa aku adalah seorang manusia.”

    Jadi kesimpulannya adalah: “Jika aku memberi tahu tentang hal agama, kerjakanlah menurut keteranganku dan jika aku memberitahu tentang soal-soal keduniaan, maka sesungguhnya kamu lebih tahu tentang urusan keduniaanmu.”

     
  50. Ady Irawady menulis:
  51. 7 hari, 40 hari, 100 hari dst... inilah namanya penebusan dosa kecil2an yang ditujukan kepada orang yang telah mati !!! Islam tidak mengenal penebusan dosa. Untung saja dimasa Rasulullah dan para sahabatnya tidak ada prakteknya, kalau sempat ada apa kata dunia....! pasti terjadi penebusan dosa besar2an, enak jadi orang kaya bisa nebus dosa.

     
  52. akuemand menulis:
  53. kalau doa kan itu gak apa2 dikirimkan,,,tapi kalau mengirim surah2 dalam al-quran yang tidak dianjurkan...mohon maaf masih fakir ilmu saya bang

     
  54. Mohammad Alpani menulis:
  55. Uraian yang sangat untuk kita telaah, saya tidak dalam posisi mendukung ataupun menolak isi dari artikel ini. hanya saja mari kita sama2 menjadikan Rasulullah dan para sahabat Khulafaur Rasydin sebagai acuan dan suri teladan kita, sebab hanya Rasullullah yang PALING memahami serta PALING pandai menafsirkan isi kandungan Alquran & Hadist.
    pertanyaan saya sekaligus tantangan kepada saudaraku penulis artikel ini juga kepada pembaca kiranya dapat berbagi ilmu memberikan jawaban atas persoalan yang menjadi pertanyaan bagi saya.
    1. Apakah Rasulullah pernah mengadakan acara Tahlilan, Yasinan, DLL ketika ada yang meninggal dunia baik itu keluarga sendiri, tetangga ataupun umat islam sewaktu beliau masih hidup.?
    2. Apakah para sahabat (Abu Bakar, Umar bin Khatab, Usman bin Affan & Ali Bin Abi Thalib) mengadakan acara Tahlilan & Yasinan pada saat meninggalnya Rasulullah ?
    3. Apakah para sahabat (Umar, Usman, & Ali) mengadakan acara Tahlilan & Yasinan pada saat meninggalnya Abu Bakar. juga apakah pada saat meninggalnya para sahabat yang lain juga diadakan acara Tahlilan dan Yasinan.?
    4. Siapakah orang yang pertama kali mengadakan acara Tahlilan ?
    demikian semoga menjadi dasar pencerahan bagi kita semua.

     
  56. yai penput menulis:
  57. Alhamdullilah mendapat pencerahan wan wawasan. terima kasih

     
  58. Unknown menulis:
  59. Sepertinya Admin hanya copas dari Blog lain (blog bismalah) tulisan Saudara Lukman Hakim Abubakar, tapi sayang alamat link nya sudah hilang jadi iklan?....mohon dapat dilink ke sumber aslinya. Terimakasih.

     
  60. Austine Dan menulis:
  61. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan? Apakah Anda perlu
    pribadi atau bisnis kredit? Anda membutuhkan pinjaman untuk berbagai
    tujuan lain? Jika demikian, hubungi kami hari ini di
    (AustineDan413@gmail.com) kredit.
    Kami menawarkan pinjaman terbesar dalam jumlah $ 5,000.000.00. Kami menawarkan
    Pinjaman @ tingkat bunga 3% pada waktu
    Berusia 1-20 tahun. Kami memberikan dua bulan sebelum tenggang
    dimulai pembayaran bulanan. Jadi, jika Anda tertarik,
    mengisi formulir di bawah ini dan mengembalikannya kepada kami sebagai
    secepat mungkin untuk diproses.
    Nama Lengkap: ...................
    Jenis Kelamin: ...................
    Umur: .....................
    Alamat: ................
    Kota: .......................
    negara: ..................
    Jumlah pinjaman: ..............
    Durasi pinjaman: .............
    Telepon: ................
    Pekerjaan: ...................
    penghasilan bulanan: ..............
    Tujuan pinjaman: .................
    Adalah aplikasi untuk pinjaman sebelumnya? .............

     
  62. Austine Dan menulis:
  63. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan? Apakah Anda perlu
    pribadi atau bisnis kredit? Anda membutuhkan pinjaman untuk berbagai
    tujuan lain? Jika demikian, hubungi kami hari ini di
    (AustineDan413@gmail.com) kredit.
    Kami menawarkan pinjaman terbesar dalam jumlah $ 5,000.000.00. Kami menawarkan
    Pinjaman @ tingkat bunga 3% pada waktu
    Berusia 1-20 tahun. Kami memberikan dua bulan sebelum tenggang
    dimulai pembayaran bulanan. Jadi, jika Anda tertarik,
    mengisi formulir di bawah ini dan mengembalikannya kepada kami sebagai
    secepat mungkin untuk diproses.
    Nama Lengkap: ...................
    Jenis Kelamin: ...................
    Umur: .....................
    Alamat: ................
    Kota: .......................
    negara: ..................
    Jumlah pinjaman: ..............
    Durasi pinjaman: .............
    Telepon: ................
    Pekerjaan: ...................
    penghasilan bulanan: ..............
    Tujuan pinjaman: .................
    Adalah aplikasi untuk pinjaman sebelumnya? .............
    .

     
  64. Lady Mia menulis:
  65. Selamat Tahun Baru semuanya,

    Nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

     
  66. lay jane alice menulis:
  67. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

     
  68. Magret Spencer menulis:
  69. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

     
  70. Capital Loan menulis:
  71. Hari baik Sir / Madam,

    Butuh Pinjaman Mendesak?
    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda.
    * Pembayaran dimulai ENAM bulan setelah Anda mendapatkan uang dalam Anda
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan

    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membiayai? Setelah mengirimkan aplikasi pinjaman Anda dapat mengharapkan jawaban awal dalam waktu kurang dari 24 jam dan Pendanaan 72-96 jam setelah menyelesaikan informasi yang mereka butuhkan dari Anda.

    Meminjam dari (5,000.00 USD) ke (100.000.000,00 USD) untuk tingkat bunga 1,2%.

    Untuk informasi dan aplikasi pinjaman lebih Bentuk dan usaha bersama, hubungi kami melalui Email: (capitalloanfinancier@gmail.com)

    * Tujuan kami adalah kebutuhan keuangan Anda bertemu!

    Dr Ahmed Ibrahim
    Direktur
    MODAL PINJAMAN pemodal

     
  72. Dangote Family menulis:
  73. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kredit
    * Personal Loan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

     
  74. Cash Firm menulis:
  75. Jika Anda Butuh Mendesak Pinjaman Buku Tamu?

    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membiayai? Setelah mengirimkan aplikasi pinjaman
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pendanaan di 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu.

    Hubungi sah dan kepercayaan perusahaan berlisensi resmi
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara lain.
    Untuk informasi dan pinjaman lebih aplikasi membentuk usaha bersama, melalui

    email: cashfirm.morris@gmail.com

    SIR MORRIS AHMED
    Direktur
    CASHFIRM PINJAMAN PERUSAHAAN

     
  76. Widya Okta menulis:
  77. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

     
  78. Indriaty Manirjo menulis:
  79. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

     
  80. Theresa Theresa menulis:
  81. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau hutang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Pinjaman Real Estat
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file pemrosesan pinjaman.

    1. NAMA LENGKAP: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. NOMOR TELEPON MOBILE: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
    Penghasilan 11.Monthly ..................
    12.DURATIO dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    PERUSAHAAN PINJAMAN Theresa
    ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

     
  82. Dangote Family menulis:
  83. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kredit
    * Personal Loan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

     
  84. Theresa Theresa menulis:
  85. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau hutang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Pinjaman Real Estat
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file pemrosesan pinjaman.

    1. NAMA LENGKAP: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. NOMOR TELEPON MOBILE: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
    Penghasilan 11.Monthly ..................
    12.DURATIO dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    PERUSAHAAN PINJAMAN Theresa
    ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

     
  86. Halo, ini adalah untuk menginformasikan masyarakat umum, pada penipuan pinjaman internet, itu benar-benar telah menyebabkan banyak kerusakan dan telah membawa beberapa keluarga dalam pemisahan dan penderitaan.

    Kami benar-benar berjuang untuk membawa pemberi pinjaman dibuat untuk memesan. Tapi itu akan membutuhkan bantuan Anda, karena tanpa bantuan Anda, kita tidak bisa mengakhiri penipuan internet ini. Apa yang kita inginkan dari Anda sekarang adalah bagi Anda untuk mengisi formulir di bawah ini:

    Nama Penerima:
    Nama Perusahaan:
    Alamat perusahaan:
    Perusahaan Alamat Email:
    Jumlah Total Dibayar:
    Penerimaan scan:
    Metode pembayaran:

    Catatan: Informasi ini adalah bagi mereka yang telah menjadi korban oleh seorang pria Nigeria yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit sementara mereka tidak. Jadi kepolisian Nigeria (N.P.F) bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa kejahatan ini dibawa ke berhenti. Jika Anda beruntung cukup uang yang dikumpulkan dari Anda mungkin akan dikembalikan kembali kepada Anda.

    Di sini kita hanya memiliki beberapa kreditur, kredibel baik lokal maupun internasional, jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman kami juga dapat memberikan bimbingan yang lebih baik dan menyarankan untuk membimbing Anda dalam mendapatkan kesepakatan yang lebih baik dan transparan. Anda dapat menghubungi kami: (nigeriapoliceinvestigationteam@gmail.com)

     
  87. Alexandra Esther menulis:
  88. Adakah anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang anda? anda memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan, atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar bil, mencari lagi kerana kami memberi pinjaman pada kadar yang mula daripada 2%, hubungi kami melalui e-mel syarikat:

    alexandraestherloanltdd@gmail.com atau
    alexandraestherfastservice@cash4u.com

    Tuhan merahmati kamu.

     
  89. KATHLEEN FOSTER menulis:
  90. Jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak?

    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda.
    * Pembayaran dimulai enam bulan setelah Anda mengumpulkan uang ke rekening bank Anda.
    * Suku bunga rendah 2%
    * Payback jangka panjang (1-20 tahun) durasi.
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan.

    Hubungi hukum perusahaan pinjaman berlisensi dan berwenang untuk memberikan bantuan keuangan kepada negara manapun.
    Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendapatkan formulir aplikasi pinjaman pelanggan kami, hubungi kami melalui e-mail melalui: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    Kami menyesuaikan solusi keuangan terstruktur untuk kelompok yang dipilih dari klien dan investor. reputasi yang sangat baik untuk menyediakan kelas produk pinjaman keuangan dengan layanan pelanggan yang luar biasa.
    Kami adalah SAH, FAST & TERPERCAYA ..

    HUBUNGI KAMI SEKARANG UNTUK PINJAMAN CEPAT ANDA.

     
  91. KATHLEEN FOSTER menulis:
  92. Jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak?

    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda.
    * Pembayaran dimulai enam bulan setelah Anda mengumpulkan uang ke rekening bank Anda.
    * Suku bunga rendah 2%
    * Payback jangka panjang (1-20 tahun) durasi.
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan.

    Hubungi hukum perusahaan pinjaman berlisensi dan berwenang untuk memberikan bantuan keuangan kepada negara manapun.
    Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendapatkan formulir aplikasi pinjaman pelanggan kami, hubungi kami melalui e-mail melalui: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    Kami menyesuaikan solusi keuangan terstruktur untuk kelompok yang dipilih dari klien dan investor. reputasi yang sangat baik untuk menyediakan kelas produk pinjaman keuangan dengan layanan pelanggan yang luar biasa.
    Kami adalah SAH, FAST & TERPERCAYA ..

    HUBUNGI KAMI SEKARANG UNTUK PINJAMAN CEPAT ANDA.

     
  93. Stella Alex menulis:
  94. Halo, aku Mrs. Stella Alex pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Perusahaan kami memberikan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Namun, peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini via email di: stellaalexloanfirm@gmail.com

     
  95. Zainab Omar menulis:
  96. Nama saya Mrs Omar Zainab, Saya seorang pemberi pinjaman uang pribadi yang terdaftar sah dalam memberikan pinjaman kepada individu, bisnis pria, wanita dan juga untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan di Indonesia dan di seluruh dunia. Kami di sini untuk memberikan baik jangka panjang atau jangka pendek pinjaman, pribadi atau hipotek, pinjaman Anda dapat ditransfer melalui kertas kerja atau check Kami akan memberikan yang terbaik ketika Anda menghubungi perusahaan kami. Di bawah ini adalah email kontak kami
    (Zainabomarloanfirm@gmail.com) atau (omarzainabloanfirm@outlook.com)

     
  97. Dangote Family menulis:
  98. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kredit
    * Personal Loan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

     
  99. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum, pada penipuan pinjaman internet, itu benar-benar telah menyebabkan banyak kerusakan dan telah menyebabkan beberapa keluarga untuk pemisahan dan penderitaan. Kami benar-benar berjuang untuk membawa para pelaku ke buku. Tapi itu akan membutuhkan bantuan Anda.

    Catatan: Informasi ini adalah bagi mereka yang telah menjadi korban dari individu penipuan yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit ketika mereka tidak. Jadi Kepolisian Republik Indonesia bekerja sangat keras dan juga telah mencari bantuan internasional untuk memastikan bahwa kejahatan ini dibawa ke berhenti.
    Di sini kita hanya memiliki dua PINJAMAN PERUSAHAAN kredibel baik lokal maupun internasional, jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman kami juga dapat memberikan bimbingan yang lebih baik dan menyarankan untuk memandu Anda dalam mendapatkan pinjaman Anda.
    Saya dengan ini menyarankan Anda untuk menghubungi KATHLEEN FOSTER PINJAMAN PERUSAHAAN
    Via: [kathleenfosterloanfirm@gmail.com] untuk Anda 100% cepat dan mendesak pinjaman dijamin atau Anda juga dapat menghubungi Margret WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN
    Via: margretwilliamsloancompany@gmail.com perusahaan pinjaman sepenuhnya terdaftar di kantor kami.

    Perusahaan: [kathleenfosterloanfirm@gmail.com] adalah 100% outstanding pinjaman perusahaan yakin.

    Anda juga dapat menghubungi kantor kami untuk arah dan mengeluh melalui: [internetfraudinvestigation54.com]

    keselamatan Anda adalah prioritas kami ..

     
  100. oceanic finance menulis:

  101. Perusahaan kami adalah sebuah organisasi internasional, yang didukung
    oleh pemerintah federal untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan,
    misalnya, dukungan keuangan. Jadi jika Anda atau Anda berada di keuangan
    kesulitan dalam krisis keuangan dan Anda perlu uang untuk memulai
    bisnis Anda sendiri, atau butuh pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan,
    mulai banyak, atau Kesulitan dalam mendapatkan lebih banyak pinjaman dari lokal
    bank, hubungi kami hari ini:

    Email: oceanicfinanceloanaid@gmail.com

    Layanan kami meliputi: -

    * Investor Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    *Hipotek kedua
    * Kredit Usaha
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International

    PERMOHONAN PINJAMAN

    Nama lengkap:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Kontak Alamat:
    Kota / Kode pos:
    negara:
    Usia:
    Gaji per bulan:
    Jumlah pinjaman:
    Pinjaman Durasi:
    Tanggal Pinjaman Dibutuhkan:
    penghasilan mingguan:
    Pendudukan:
    Bunga Pinjaman:
    Hubungi nomor telepon:

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail,
    kami sangat senang untuk melakukan bisnis dengan Anda,

    Salam.

     
  102. Lady Mia menulis:
  103. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

     
  104. Fatma Fatma menulis:
  105. Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (THERESALOANCOMPANY) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

     
  106. CARO WHITE menulis:
  107. KESAKSIAN mengamankan A PINJAMAN DARI PRUDENT DAN RAHASIA KREDIT LAYANAN, ANDA TERLALU BISA MENJADI bagian dalamnya!

    Halo Setiap Satu, saya Mrs. Caro Putih dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Aku segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian bagaimana Tuhan membawa saya ke pemberi pinjaman dan pinjaman nyata Legit yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari tingkat kemalangan untuk wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan kaya, hidup bahagia kaya dan sehat tanpa stres atau kesulitan keuangan. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, itu tidak berhasil dan saya kebetulan jatuh di tangan penipuan, yang scammed saya jumlah $ 2000. Dan ketika hal ini terjadi, saya jadi bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk mencari saya untuk nyata, legit dan asli pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi aku memutuskan untuk memanggil seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan untuk kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr Russell Raymond yang merupakan CEO dari RAYMOND RUSSELL INTERCONTINENTAL FINANCE WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman untuk jumlah ($ 506,000.00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka corporation maksimum dan mematuhi petunjuk yang diberikan kepada saya oleh Lembaga, dan segera, pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres atau keterlambatan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai kredit transfer dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari dari pinjaman disetorkan ke Rekening Bank saya. orang saya jauh dan dekat, apakah ini bukan kesaksian besar? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada yang ingin mengamankan nyata dan pinjaman asli, untuk silahkan hubungi Russell Raymond Intercontinental Keuangan melalui alamat email berikut: (Russellintercontinentalfinance@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Sorga untuk memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang penipuan! Satu hal yang saya selalu memberitahu orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman di lembaga ini, Anda harus memiliki itikad baik Utmost dan Trust layak.

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    Tertanda
    Ibu Caro Putih

     
  108. Fatma Fatma menulis:
  109. Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (THERESALOANCOMPANY) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

     
  110. Alex Bastus menulis:
  111. Perhatian !!! Menawarkan pinjaman

    i am Mr Roland Woodgate pemberi pinjaman pinjaman pribadi. kami memberikan
    semua jenis pinjaman, kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 3%
    dan kondisi kerja yang baik, jika Anda membutuhkan pinjaman untuk bisnis atau untuk membayar
    tagihan Anda maka Anda disarankan untuk menghubungi kami sekarang untuk kami membuat kualitas
    layanan yang akan membuat Anda puas.

    email kami sekarang: trustfuns31@yahoo.com

    PINJAMAN LAYANAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    *Pinjaman pribadi.
    * Kredit Usaha.
    * Investasi Pinjaman.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman Konstruksi.
    * Kredit Usaha Dan banyak lainnya:

    kami membuat semua jenis pinjaman pelayanan yang baik, hubungi kami melalui email: trustfuns31@yahoo.com

    Terima kasih

    mr Roland

     
  112. Magret Spencer menulis:
  113. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

     
  114. Halo Dear, Aplikasi Kredit
    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman @ 2%? Jika ya,? email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang uang yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Sekarang silahkan hubungi kami di: flooresloaningcoperate@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah.
    Penawaran kami $ 3,000.00 ke $ 20,000.000.00 juga berlaku untuk informasi lebih lanjut
    {Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
    Nama Anda: ===========
    COUNTRY: ===========
    NEGARA ===========
    ALAMAT: ===========
    GENRE: ===========
    Jumlah yang dibutuhkan: ===========
    PERIODE: ===========
    NOMOR TELEPON: =========== ============

    Hubungi kami di e-mail ini: flooresloaningcoperate@gmail.com Salam

    akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.

     
  115. CARO WHITE menulis:
  116. KESAKSIAN mengamankan A PINJAMAN DARI PRUDENT DAN RAHASIA KREDIT LAYANAN, ANDA TERLALU BISA MENJADI bagian dalamnya!

    Halo Setiap Satu, saya Mrs. Caro Putih dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Aku segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian bagaimana Tuhan membawa saya ke pemberi pinjaman dan pinjaman nyata Legit yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari tingkat kemalangan untuk wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan kaya, hidup bahagia kaya dan sehat tanpa stres atau kesulitan keuangan. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, itu tidak berhasil dan saya kebetulan jatuh di tangan penipuan, yang scammed saya jumlah $ 2000. Dan ketika hal ini terjadi, saya jadi bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk mencari saya untuk nyata, legit dan asli pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi aku memutuskan untuk memanggil seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan untuk kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr Russell Raymond yang merupakan CEO dari RAYMOND RUSSELL INTERCONTINENTAL FINANCE WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman untuk jumlah ($ 506,000.00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka corporation maksimum dan mematuhi petunjuk yang diberikan kepada saya oleh Lembaga, dan segera, pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres atau keterlambatan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai kredit transfer dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari dari pinjaman disetorkan ke Rekening Bank saya. orang saya jauh dan dekat, apakah ini bukan kesaksian besar? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada yang ingin mengamankan nyata dan pinjaman asli, untuk silahkan hubungi Russell Raymond Intercontinental Keuangan melalui alamat email berikut: (Russellintercontinentalfinance@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Sorga untuk memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang penipuan! Satu hal yang saya selalu memberitahu orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman di lembaga ini, Anda harus memiliki itikad baik Utmost dan Trust layak.

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    Tertanda
    Ibu Caro Putih

     
  117. CARO WHITE menulis:
  118. KESAKSIAN mengamankan A PINJAMAN DARI PRUDENT DAN RAHASIA KREDIT LAYANAN, ANDA TERLALU BISA MENJADI bagian dalamnya!

    Halo Setiap Satu, saya Mrs. Caro Putih dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Aku segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian bagaimana Tuhan membawa saya ke pemberi pinjaman dan pinjaman nyata Legit yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari tingkat kemalangan untuk wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan kaya, hidup bahagia kaya dan sehat tanpa stres atau kesulitan keuangan. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, itu tidak berhasil dan saya kebetulan jatuh di tangan penipuan, yang scammed saya jumlah $ 2000. Dan ketika hal ini terjadi, saya jadi bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk mencari saya untuk nyata, legit dan asli pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi aku memutuskan untuk memanggil seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan untuk kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr Russell Raymond yang merupakan CEO dari RAYMOND RUSSELL INTERCONTINENTAL FINANCE WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman untuk jumlah ($ 506,000.00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka corporation maksimum dan mematuhi petunjuk yang diberikan kepada saya oleh Lembaga, dan segera, pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres atau keterlambatan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai kredit transfer dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari dari pinjaman disetorkan ke Rekening Bank saya. orang saya jauh dan dekat, apakah ini bukan kesaksian besar? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada yang ingin mengamankan nyata dan pinjaman asli, untuk silahkan hubungi Russell Raymond Intercontinental Keuangan melalui alamat email berikut: (Russellintercontinentalfinance@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Sorga untuk memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang penipuan! Satu hal yang saya selalu memberitahu orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman di lembaga ini, Anda harus memiliki itikad baik Utmost dan Trust layak.

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    Tertanda
    Ibu Caro Putih

     
  119. Halo Mr dan Mrs Apakah Anda mencari pinjaman? , Apakah untuk bisnis atau untuk pelaksanaan re-peluncuran proyek, apakah akan membelikanmu apartemen atau untuk membayar utang. Saya seorang pemberi pinjaman pribadi yang menawarkan Anda pinjaman jasa saya antara individu swasta di bidang berikut: - KREDIT PROPERTI - - PINJAMAN KREDIT KPR - KREDIT AUTO - REDEMPTION PINJAMAN - KREDIT MENINGKATKAN MODAL - PINJAMAN LAIN bunga kami 3%, Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail: elizabethkeen.loanfinance@gmail.com untuk pinjaman Anda hari ini terima you.Mrs. Elizabeth

     
  120. Halo Mr dan Mrs Apakah Anda mencari pinjaman? , Apakah untuk bisnis atau untuk pelaksanaan re-peluncuran proyek, apakah akan membelikanmu apartemen atau untuk membayar utang. Saya seorang pemberi pinjaman pribadi yang menawarkan Anda pinjaman jasa saya antara individu swasta di bidang berikut: - KREDIT PROPERTI - - PINJAMAN KREDIT KPR - KREDIT AUTO - REDEMPTION PINJAMAN - KREDIT MENINGKATKAN MODAL - PINJAMAN LAIN bunga kami 3%, Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail: elizabethkeen.loanfinance@gmail.com untuk pinjaman Anda hari ini terima you.Mrs. Elizabeth

     
  121. CARO WHITE menulis:
  122. KESAKSIAN mengamankan A PINJAMAN DARI PRUDENT DAN RAHASIA KREDIT LAYANAN, ANDA TERLALU BISA MENJADI bagian dalamnya!

    Halo Setiap Satu, saya Mrs. Caro Putih dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Aku segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian bagaimana Tuhan membawa saya ke pemberi pinjaman dan pinjaman nyata Legit yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, dari tingkat kemalangan untuk wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan kaya, hidup bahagia kaya dan sehat tanpa stres atau kesulitan keuangan. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, itu tidak berhasil dan saya kebetulan jatuh di tangan penipuan, yang scammed saya jumlah $ 2000. Dan ketika hal ini terjadi, saya jadi bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk mencari saya untuk nyata, legit dan asli pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi aku memutuskan untuk memanggil seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan untuk kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr Russell Raymond yang merupakan CEO dari RAYMOND RUSSELL INTERCONTINENTAL FINANCE WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman untuk jumlah ($ 506,000.00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka corporation maksimum dan mematuhi petunjuk yang diberikan kepada saya oleh Lembaga, dan segera, pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres atau keterlambatan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai kredit transfer dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari dari pinjaman disetorkan ke Rekening Bank saya. orang saya jauh dan dekat, apakah ini bukan kesaksian besar? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada yang ingin mengamankan nyata dan pinjaman asli, untuk silahkan hubungi Russell Raymond Intercontinental Keuangan melalui alamat email berikut: (Russellintercontinentalfinance@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Sorga untuk memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang penipuan! Satu hal yang saya selalu memberitahu orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman di lembaga ini, Anda harus memiliki itikad baik Utmost dan Trust layak.

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    Tertanda
    Ibu Caro Putih

     
  123. Adhi Suradi menulis:
  124. saya masih banyak belajar tntang pemahaman islam. namun dsini sy mrasa terlibat untuk menengahi dngan pndapat sayA. bpk dn ibu yg beriman.. sbenarnya islam itu memudahkan asal bijak dn tidak memberatkan. dalAm keseluruhan kutipAn diatas semuAnya benar.. yang salAh jikA tidak mengamalkan. mengenai nasib si mAyit jelas sang anak punga pengaruh besar untuk alam kubur mayit.. artinya setiap amal ibadah anak pasti ada efek dialam kubur orang tua yg sudah meninggal. yang ke dua adalah. amal ibadah itu setiap detik tnpa ada batasan waktu.. jd g usah nunggu 7.40.100 taw setahun untuk memberi pahala kpada mayit.. yg ketiga mengenai tahlil. selama bacaan itu tertuju untuk mengucap kebesaran Allah maka pasti ada pahalanya. dan jngan lupa pula bershalawat.. yang dikatakan anak saleh itu bukAn berarti mengadakan acara tahlilan juga.. benar tidak.?? dan tahlilan jg dapT pahala krna mengucapkan kalimat2 Allah. sebaiknya dalam tahlilan yg mengundang orang diniatkan dakwah untuk bersama2 mengingat Allah. keempAt adalah. tntang sedekah.. menurut saya sedekah paling baik adalah nyumbang masjid ponpes dan sebagainya yg brmanfaat untuk orang banyak.. dan matematika saya brpndapat jika ingin mengadakan hidangan bg jamaah tahlil jngan lupa diniatkan sedekah dan harus ada presentasi sedekah untuk sedekah yg diutamakan.. Beri koment pada saya menurut pendapAt saya ini.. wassalam inshaAllah Allah dipihak kita umat muslim.. terima kasih

     
  125. Magret Spencer menulis:
  126. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

     
  127. Joyce Roland menulis:
  128. Apakah Anda pernah ditolak oleh bank karena nilai kredit yang rendah? Jangan khawatir, Anda memiliki pilihan! pinjaman SOS mungkin tidak menghubungkan Anda dengan kreditur swasta yang dapat membantu Anda mencapai matlamat Anda.
    - KREDIT BAIK ATAU KREDIT BAD NO PROBLEM!
    - LOAN TRAIN
    - Pinjaman pribadi
    - Membina awalnya KREDIT ANDA
    - Menegaskan UTANG ANDA
    Mendapatkan uang Anda dalam jangka waktu 5 hari!
    Punya pertanyaan lebih lanjut, silakan e-mail kami di joycerolandloancompany@gmail.com

     
  129. Rose Reed menulis:
  130. Saya Ibu Rose Reed, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (rosereedloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami. Ibu Reed.

     
  131. Lucy smith menulis:
  132. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll .. Atau harus Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat suku bunga rendah dan terjangkau 2%. Manfaat. Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Lucysmithloanfirm@gmail.com

    Peminjam DATA S

    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Alamat: .............................................. ............
    3) Negara: .............................................. ................
    4) Sex: .............................................. ..................
    5) Status perkawinan: ............................................. ....
    6) Pekerjaan: .............................................. .......
    7) Nomor Telepon: ............................................. ...
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
    9) Duration: .............................................. ..
    10) Tujuan Pinjaman: ............................................

    Lucy Smiith
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

     
  133. Widya Okta menulis:
  134. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

     
  135. Bishop Elijah menulis:
  136. Hari baik,

    Kami menawarkan pinjaman kepada orang yang membutuhkan penyihir keuangan dengan tingkat bunga rendah dari 2%. Dalam rangka untuk mendapatkan pinjaman dengan perusahaan ini, Anda dapat memberitahu jumlah yang tepat dari pinjaman yang Anda butuhkan dan waktu di mana Anda dapat membayar kembali pinjaman. jadi jika Anda tertarik silakan memberikan rincian sebagai berikut kontak kami dengan informasi kami di bawah ini sehingga kami dapat melanjutkan untuk mengirimkan syarat dan ketentuan kredit kami valid.

    peminjam INFORMASI, jika Anda tertarik mengisi informasi peminjam "s bawah sehingga akan dapat dilanjutkan.

    INFORMASI KREDIT DIPERLUKAN:

    nama:
    negara:
    telepon:
    Jumlah yang dibutuhkan sebagai pinjaman:
    Pinjaman Tujuan:
    Pinjaman Durasi:
    pendapatan bulanan:
    Apakah Anda sudah menerapkan pinjaman online sebelum (ya atau tidak)

    KONTAK PERUSAHAAN KAMI:

    Perwakilan perusahaan: Uskup Elias
    Mobile Enterprise: (+2348116241978)
    Perusahaan E-mail: (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com)
    motto perusahaan: Kebahagiaan Anda adalah hadiah kami untuk pelayanan yang baik (mendapatkan dukungan keuangan Anda adalah semua yang kita inginkan)


    EMAIL US ke (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com)

    penuh perhatian
    uskup Elias

     
  137. Indriaty Manirjo menulis:
  138. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

     
  139. Chloe Morrison menulis:

  140. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________


    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

     

Poskan Komentar

PENGASUH


Agus . Haris . Nonki
Lihat Profil

FIND US ON FACEBOOK

PETIKAN HADITS


Random Hadith Widget

READ ME IN YOUR LANGUAGE

Translate to Arabic Translate to Bahasa Indonesia Translate to Bulgarian Translate to Simplified Chinese Translate to Croatian Translate to English Translate to Czech Translate to Danish TTranslate to Dutch Translate to Finnish Translate to French Translate to German Translate to Greek Translate to Hindi Translate to Italian Translate to Japanese Translate to Korean Translate to Norwegian Translate to Polish Translate to Portuguese Translate to Romanian Translate to Russian Translate to Spanish Translate to Swedish Translate to Slovak Translate to Serbian Translate to Thai Translate to Turkey Translate to Filipino Translate to Filipino

SEARCH FOR MORE

Memuat...

ARTIKEL TERBARU



KOMENTAR TERBARU

KOMENTAR TERBANYAK

KABAR-KABARI

Klik Saya
Untuk Membantu Anda
BERITAHU SESEORANG
Tentang Blog Ini

ARTIKEL TERBARU SERAMBI MENGAJI